Yoga dan Meditasi Dapat Mengatasi Stres pada Ibu Hamil

June 22, 2016

Yoga dan Meditasi Dapat Mengatasi Stres pada Ibu Hamil  -  Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stres adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat.

Stres tidak selalu buruk, walaupun biasanya dibahas dalam konteks negatif, karena stres memiliki nilai positif ketika menjadi peluang saat menawarkan potensi hasil. Sebagai contoh, banyak profesional memandang tekanan berupa beban kerja yang berat dan tenggat waktu yang mepet sebagai tantangan positif yang menaikkan mutu pekerjaan mereka dan kepuasan yang mereka dapatkan dari pekerjaan mereka.

Stres bisa positif dan bisa negatif. Para peneliti berpendapat bahwa stres tantangan, atau stres yang menyertai tantangan di lingkungan kerja, beroperasi sangat berbeda dari stres hambatan, atau stres yang menghalangi dalam mencapai tujuan. Meskipun riset mengenai stres tantangan dan stres hambatan baru tahap permulaan, bukti awal menunjukan bahwa stres tantangan memiliki banyak implikasi yang lebih sedikit negatifnya dibanding stres hambatan.

Di kutip dari Wikipedia. 



Memang tidak dapat di pungkiri, stres bisa saja menyerang kepada siapapun tidak terkecuali terhadap Ibu Hamil.  Penyebab stres Ibu Hamil bisa macam-macam.  Misalnya seperti di bawah ini :
  • Perubahan yang terjadi pada diri sang ibu hamil akibat perubahan hormonal yang mempengaruhi perubahan secara fisik pada diri ibu itu sendiri. Misalnya adanya tanda gejala mual muntah berlebihan pada diri ibu hamil contohnya.
  • Rasa cemas berlebihan ketika nantinya akan menghadapi proses persalinan bayinya. Bila ibu kurang pengetahuan yang benar mengenai bagaimana sebuah proses kelahiran yang normal tentunya pada sebagian ibu-ibu hamil bisa menjadikan sebuah penyebab stres tersendiri.
  • Kehamilan yang tidak diharapkan. Hal ini juga bisa merupakan hal yang menjadi faktor resiko timbulnya rasa cemas sedih stres pada diri sang ibu bila kehamilan yang dijalaninya saat ini adalah merupakan proses kehamilan yang tidak diharapkan. Baik itu oleh sang ibu sendiri, sang suami maupun bagi keluarganya.
  • Masalah Ekonomi Keuangan. hal ini juga bisa menjadikan penyebab paling sering terhadap para ibu hamil. Mempunyai bayi baru berarti biaya hidup akan meningkat dan banyak pula orang tua yang stress karenanya seperti biaya perawatan sebelum melahirkan, biaya melahirkan, perlengkapan bayi, dan jangka panjang 

Mengatasi dengan Yoga dan Meditasi.

Ada masalah, tentunya ada solusinya. Untuk mengatasi stres pada Ibu Hamil, ada cara yang cukup mudah untuk dilakukan. Yaitu dengan Meditasi dan Yoga.  Meditasi membutuhkan disiplin yang tinggi, namun, menjanjikan keberhasilan untuk mengatasi stres dan kecemasan pada ibu hamil. Dalam makalah berjudul Meditation Programs for Psychological Stress and Wellbeing, penulis meninjau 47 penelitian yang melibatkan 3.595 peserta. Dia menemukan, program meditasi membantu mengatasi kecemasan, depresi, nyeri, stres, perasaan tertekan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan mental.

Mengombinasikan meditasi dengan yoga menjadi metode tepat untuk menangani stres pada ibu hamil. Yoga membantu menciptakan perasaan rileks, termasuk mengurangi stres, meningkatkan kebugaran, serta mengontrol risiko kambuhnya penyakit, seperti tekanan darah tinggi dan jantung.

        Blogger pemula dan masih muda sukanya seluncuran di internet sambil mempelajari hal-hal baru. Ngeblog gak sekedar ngeblog, ngeblog hanya sekedar. Terima kasih sudah berkunjung semoga artikelnya bermanfaat dan Salam - ACHDMR

        Artikel Terkait

        Previous
        Next Post »

        Jangan lupa komentar ya, agar gue tetep semangat buat nulis. hehe EmoticonEmoticon